Tekanan yang tidak adil bagi Rodgers

15-brendan-rodgers-liverpool

Tekanan terhadap Brendan Rogers tidak adil dan masalah utama Liverpool ada pada strategi rekrutmen mereka, ungkap jurnalis Paul Hayward kepada Sunday Supplement.

Rodgers menghadapi kritik setelah enam pertandingan tanpa kemenangan sebelum kemenangan 3-2 Liverpool atas Aston Villa di Anfield hari Sabtu lalu.

Dalam konferensi pers setelah pertandingan Rodgers mengklaim orang “di luar” klub punya rencana untuk mengeluarkannya sebagai manajer.

Jurnalis the Daily Telegraph Hayward yakin bahwa fokusnya tidak boleh diarahkan hanya pada manajemen Rodgers saja tetapi pada cara Liverpool mendatangkan rekrutmen pemain.

“Rekrutmen selalu jadi masalah mereka selama satu dekade sekarang ini,” ungkap dia pada Sunday Supplement.

“Liverpool menjual pemain-pemain kelas atas mereka dan membeli pemain kelas menengah. Jika anda mengumpulkan daftar pemain nama besar yang telah mereka jual selama beberapa tahun ke belakang dan membandingkan dengan pemain yang mereka beli, anda akan punya masalah fundamental di sana karena ada kesenjangan yang jelas dalam hal kualitas pemain yang pergi dan datang.

“Rodgers memulai dengan ide yang besar dan sangat luar biasa dan bekerja dan 16 bulan lalu mereka bahkan nyaris memenangkan gelar.

“Sejak saat itu mereka kehilangan Suarez dan Sterling. Rodgers tidak pernah bisa menemukan ritme yang dia inginkan, malah selalu berimprovisasi di setiap keadaan.

“Dia harus mencampur-campur formasi dan unit dalam tim. Sangat sulit baginya mengingat fakta kebanyakan pemain yang mereka beli adalah pemain kualitas standar terkait perburuan gelar atau tidak pernah memenuhi ekspektasi.

“Ketika anda memiliki sejumlah pemain yang tidak memberikan hasil sesuai dengan ekspektasi anda, entah karena sistem pencari bakat yang buruk atau pemain gagal secara psikologis, maka akan sangat sulit bagi seorang manajer untuk bisa menantang posisi empat besar di klasemen. Saya kira tekanan yang ada pada dirinya tidak adil.

“Saya pikir dia adalah seorang manajer yang baik, yang membutuhkan dukungan dari klub dan lebih penting lagi memerlukan proses rekrutmen yang lebih baik lagi.